Jadilah Orang Yang Bermanfaat dan Menyenangkan, Hukum Hidup Adalah Hukum Kepercayaan
Share

Get This

Bagaimana Menghadapi Persaingan Sebagai Seorang Entrepreneur??

Posted by Cpoeng Alias Poe2ng on 23 September 2013


Entrepreneur atau pengusaha merupakan salah satu indikasi permodelan kesejahteraan suatu perekonomian Negara. Peran entrepreneur bukan semata-mata hanya mencari keuntungan dari usaha yang dijalankannya namun, ia mempunyai peran penting dalam memajukan perekonomian di sekitar wilayah kerja usahanya. Dengan adanya mereka roda perekonomian dari tingkat mikro hingga makro dapat berjalan dengan baik dan saling bersinergi menciptakan suatu ikatan yang saling membutuhkan satu dengan lainnya. Oleh karena itu, jika ada satu persen pengusaha dari total jumlah penduduk di tiap daerah maka daerah tersebut dapat menjalankan roda perekonomiannya secara maksimal dan pada akhirnya akan mensejahterakan penduduk dan menambah pendapatan daerah tersebut. Dapat dibayangkan bilang jumlah entrepreneur lebih dari dua persen, maka Negara itu akan menjadi Negara maju dari segi Agama, ekonomi,soisal, dan budaya.
Dalam dunia entrepreneur persaingan di antara mereka sudah lazim terjadi baik persaingan dari pesaing mereka maupun persaingan dari luar pesaing. Seorang entrepreneur yang tidak dapat mengantisipasi tingginya persaingan maka ia lambat laun akan jauh tertinggal dari pesaingnya. Oleh karena itu, untuk menyiasati persaingan yang semakin besar di era globalisasi ini maka laiknya seorang entrepreneur menjalin kerja sama antar sesama entrepreneur sehingga dapat mengurangi tekanan dari para pesaing. Selain itu, solusi lain menghadapai persaingan usaha seorang entrepreneur dapat membuat sub-bisnis lain dari bisnis utama yang dijalankan sehingga ketika bisnis utama sedang mengalami kelesuan atau mendapat tekanan dari para pesaing disinilah sub-bisnis tersebut dapat menyokong bisnis utama.
Persaingan usaha sebenarnya bukanlah bencana dalam suatu usaha, namun ia merupakan tantangan dan batu loncatan bagi seorang entrepreneur untuk mencapai usaha yang lebih besar. Semakin besar persaingan usaha maka semakin besar pula peluang bagi seorang entrepreneur mencapai usaha yang lebih besar lagi. Menurut hemat penulis, seorang entrepreneur sejati bukan hanya berfokus pada bisnisnya semata namun ia haruslah mengalokasikan pendapatannya untuk kepentingan sosial dengan menyisihkan pendapatannya untuk kepentingan orang lain yang lebih dikenal dengan sedekah dan zakat. www.ciputraentrepreneurship.com

{ 0 comments... read them below or add one }

Posting Komentar