Jadilah Orang Yang Bermanfaat dan Menyenangkan, Hukum Hidup Adalah Hukum Kepercayaan
Share

Get This

Ulasan Bisnis Mahasiswa

Posted by Cpoeng Alias Poe2ng on 02 Februari 2012

Steam Wardoyo

Alamat : Jln. Tarumanegara (Dekat Dengan Asrama Kedokteran UIN Jakarta) Ciputat, Tangerang Selatan, Banten

Jam Buka : Pukul 10.00 – 21.00 WIB (termasuk hari minggu/libur)

Pemilik : Ulil Anshor

Jenis Layanan :

Cuci Motor Kecil - Besar Rp. 6000 – 8000 (Termasuk semir ban)

Cuci Angkot Rp. 10.000

Cuci Mobil + Vacuum Rp. 25.000


Keterangan:
Berdasarkan manajemen, Usaha cuci motor/mobil atau steam Wardoyo berdiri dari tahun 2009 hingga kini sudah berusia hampir 3 tahun. Meskipun sebelum berdirinya steam Wardoyo, usaha telah beroperasi dengan manajemen yang berbeda jadi dengan kata lain steam ini sudah memiliki pelanggan. Usaha steam merupakan usaha yang bergerak dalam bidang jasa dan merupakan usaha yang menggiurkan bila dijalankan dengan serius dan sungguh-sungguh.
Berdasarkan pelayanan, steam ini menawarkan one stop cleaning, Yaitu pencucian motor/mobil dengan tingkat kebersihan yang dapat dipertanggungjawabkan dengan mesin steam/pompa bermerk Honda dengan bahan bakar bensin  sehingga lebih memudahkan dalam membersihkan kotoran yang tidak dapat terjangkau oleh tangan ataupun oleh alat pembersih lainnya. Dengan daya semprot yang baik ini, memungkinkan kotoran yang menempel pada mesin ataupun pada bagian motor/mobil dapat dengan mudah dibersihkan.
Berdasarkan Lokasi, Usaha ini terletak dipinggir jalan Tarumanegara Ciputat dan selalu dilewati oleh angkot No. 144 jurusan Ciputat- Pondok Labu (PP) dengan kata lain dari segi pemasaran usaha ini memiliki nilai lebih dikarenakan di pinggir jalan dan dekat dengan sekolahan dan kampus. Nilai tambahnya adalah steam ini dapat diakses dengan mudah dikarenakan dekat dekat jalan dan sedikit mudah dijangkau. Namun, meskipun dekat dengan jalan besar, tetapi jalan tersebut bukanlah jalan utama yang selalu sering dilewati oleh berbagai kedaraan alias bukan jalan utama. Meskipun begitu steam ini masih lebih baik dibandingkan steam lainnya yang jauh dari jalan.
Berdasarkan promosinya, steam ini masih kurang terekspos banyak oleh kalangan mahasiswa dan para pengendara kendaraan bermotor, dikarenakan kurangnya promosi dan pemasaran yang dilakukan oleh pengelola. Namun, meskipun begitu steam ini selalu ramai, jadi bila ingin mendapatkan pelayanan yang maksimal datanglah di waktu jam kerja (pagi atau siang) soalnya jika anda datang ketika sore atau malam hari dipastikan anda akan mengantri untuk mendapat pelayanan dari steam ini.^_^
Penilaian menurut penulis:
Manajemen      : 8
Pelayanan        : 8
Lokasi             : 7
Harga              : 8
Promosi           : 6
Total rata-rata  : 7,4

KESIMPULAN:
Dari keseluruhan segi penilaian, steam ini mempunyai keuntungan yang baik dikarenakan lokasinya dekat dengan jalan, sekolah dan kampus. Selain itu juga, steam ini dijalankan oleh kalangan muda dan mempunyai harga relatif bersaing serta pelayanan yang lumayan. Namun promo dan konsistensi dari steam ini yang kurang dikarenakan jam bukanya yang terkadang acak mungkin dikarenakan pengelolanya yang masih berstatus mahasiswa. Dari segala penilaian di atas steam ini cocok bagi anda yang mengedepankan kebersihan kendaraan anda..so, enjoy it.

{ 0 comments... read them below or add one }

Posting Komentar